Rabu, 31 Agustus 2011

It's Idul Fitri Time (Part 1)

Happy Ied
Alhamdulillah, akhirnya setelah satu bulan berpuasa (walaupun ada beberapa hari bolong..:p), Hari Raya Idul Fitri 1432H tiba juga. Senang kali lah rasanya, karena selain bisa mudik alias pulang kampong dan bertemu dengan kedua orang tua serta kedua adikku, aku juga akan bertemu dengan saudara-saudaraku yang mungkin hanya bisa kutemui satu tahun sekali...:)
        Ya... walaupun sempat agak senewen karena keputusan penetapan hari raya, tapi itu tidak mengurangi rasa bahagiaku bisa kembali berkumpul dengan keluargaku di Jogja. Maklum lah, sekarang aku sudah jauh dari mereka dan belum tentu bisa setiap bulan, apalagi setiap minggu bertemu, karena aku saat ini berada di East Borneo, tepatnya di kota Balikpapan. 
         Lebaran kali ini memang terasa sangat berbeda bagiku. Selain karena aku harus melalui bulan puasa untuk pertama kalinya di Kota Balikpapan dan jauh dari keluarga, lebaran kali ini juga terasa berbeda karena tidak ada lagi eyang kakung dan eyang putri, tempat kami sungkem dan bemanja. Yaa..Keduanya telah dipanggil untuk menghadap-NYA di syurga. Sedih begitu terasa begitu mengingat mereka kembali, apalagi saat nanti kami berkumpul di kediaman eyang yang saat ini begitu hampa tanpa kehadiran mereka (eyang kakung - eyang putri).
       Biasanya, eyang kakung dan eyang putri akan berdiri di depan pintu rumah atau duduk-duduk di kursi dan menunggu kami datang. Setelah itu, mereka masuk dan duduk di kursi berdampingan, lalu kami berbaris antre untuk sungkem dan mendapatkan ciuman di kedua pipi serta kening kami. hmmfff.... sungguh aku merindukan mereka, senyum mereka, wejangan mereka dan doa mereka yang dibisikkan ke telingaku.
         Hmmm..... cukup kiranya bermelow-melow, karena aku yakin eyang tidak akan suka jika kami sedih atas kepergian mereka. Yang mereka butuhkan bukan kesedihan dan airmata, tetapi untaian doa dari kami, anak-anak dan cucu-cucu yang sangat mereka sayangi. Istirahat yang tenang ya eyang, doa kami selalu untukmu. Tunggu kami di peristirahatanmu, akan kami taburkan bunga serta kami akan berdoa mengelilingi pusaramu. Kami sayang kalian...:)
     Tak sabar rasanya aku menjejakkan kakiku ke Tunggulrejo, sebuah desa kecil di Kabupaten Purworejo-Jawa Tengah, ke rumah eyangku dan bertemu dengan saudara-saudaraku yang sudah hampir satu tahun ini tak ku temui. Baiklah... mari berkumpul dan bersilaturahim.. oh iya, Minal Aidzin Wal Faidzin, Selamat Idul Fitri 1432 H, Mohon Maaf Lahir dan Batin...... 
         

          
        

1 komentar:

  1. Insya Allah doa anak-anak dan cucu-cucunya jadi penyejuk eyang kakung sama eyang putri di surga :)

    BalasHapus